Tentang Evi, Si Pemalu.

Ini tentang Evi, si pemalu.
Siswi paling rajin di kelas.
Dari awal masuk kelas XI, tidak pernah sekalipun Evi datang terlambat, Dhuha tidak pernah terlewat, pokoknya taat sekali pada aturan. Bahkan tidak segan mengingatkan rekan-rekannya.
Perilakunya sebaik prestasi akademik dan non akademiknya, nilainya bagus, aktif di Rohis juga.
Makanya, saya sering membanggakan, “Evi ini anak kesayangan Abah” di depan rekan-rekannya, dengan harapan bisa

image

memotivasi mereka.

Tadi pagi, saat melakukan circle time, tetiba Evi datang terlambat. Sesuai aturan, siswa yang datang terlambat saat circle time, tidak diperbolehkan masuk ke dalam kelas. Saya tidak tega sebenarnya menyuruh Evi keluar dari kelas, tapi aturan tetaplah aturan, Evi dengan berat hati saya minta menunggu di depan kelas.

Kamipun muraja’ah hafalan. Datang 2 siswa saya yang lain, yang terlambat juga, yang saya minta untuk menunggu di depan kelas. Salah satunya memberi tahu, “Bah, kasihan anak kesayangan Abah, suruh masuk saja, itu dia nangis di depan”

Eh, saya tak tega melihat Evi, berdiri di atas balkon sambil mengeluarkan air mata. Setelah muraja’ah, satu kelas langsung keluar melihat Evi yang menangis.
“Ya Evi poinnya gak excellent lagi”
“abah tega buat Evi nangis”
“sudah Vi gak apa-apa, aku saja yang biasa terlambat, biasa saja.”

Evi semakin menangis, “aku kesiangan loh, kok dibilangin gitu.” Saya semakin terenyuh. Kadang kita akan menemukan siswa yang seperti ini, siswa yang berusaha sebaik mungkin melakukan hal-hal yang benar. Mentaati peraturan dengan baik. Dan ketika mereka melakukan satu kesalahan, mereka menyesal dengan sepenuh hati, yang saya yakin akan menjadi pembelajaran bagi mereka di kemudian hari.

Ini tentang Evi. Saya bangga dan berdoa, semoga hati Evi selalu Allah berikan kecenderungan pada kebaikan, pada kebenaran, sehingga bisa menjadi filter bagi dirinya dari hal-hal yang buruk, saat ini, dan di masa yang akan datang.

Leave a Reply

