Tentang Sekolah Global Madani IV : Learn To Be A Professional Teacher

Setiap hari sabtu, para guru Sekolah Global Madani diwajibkan untuk hadir dalam rangkaian personal development selama setengah hari. Sabtu itu speaking class mendapat tantangan dari Mr. Hadi untuk membuat autobiografi orang terkenal, dimana setiap peserta diminta untuk berpura-pura menjadi orang terkenal dengan keahlian tertentu. Lalu mempresentasikannya di depan kelas. Pembelajaran ini membantu sekali dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Terutama dalam hal speaking, salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang guru saat ini.

Selain speaking class, personal development di hari sabtu juga terdiri beberapa kegiatan dan pelatihan yang berbeda tiap minggunya. Para tutor merupakan guru-guru yang tergabung dalam tim keahlian. Sedangkan para peserta merupakan seluruh guru dan staf dari 3 unit Sekolah Global madani.

A. Naufal Umam

Saya saat mendapat giliran presentasi di speaking Class

Pelatihan English di-handle ­oleh tim bahasa inggris dengan siswa yang terbagi dalam 4 level kemampuan. Kegiatan Arabic ditutori oleh tim bahasa arab dengan sistem pembelajaran yang sama. Pelatihan ICT disampaikan oleh Tim ICT Sekolah Global Madani.  Kegiatan religion dikomandoi oleh tim agama. Kegiatan Gymnastic, Beauty Class, Art dan beberapa kegiatan lainnya yang tentu saja menambah ilmu dan meningkatkan skill para guru dan staf.

Terkadang kami harus melakukan presentasi dengan bahasa Inggris, menghafal fi’il bahasa Arab, membuat kartu peserta ujian dengan menggunakan mail merge di Ms.Word, mendengarkan nasehat tentang adab menuntut ilmu, bermain futsal, melukis, dan lain-lain. Setiap minggunya selalu berbeda dan penuh ilmu serta penuh manfaat.

Kegiatan personal development juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan guru dan staf dari unit yang berbeda, dimana interaksi ini membantu mengembangkan kemampuan bersosialisasi para pegawai Global Madani.

Pengembangan secara intelektual sejalan dengan pengembangan spiritual dan emosional. Sistem ExcelAppreciation berlaku juga untuk guru. Saya merasakan adanya perbaikan dalam diri berkaitan dengan kedisiplinan dan kepekaan terhadap lingkungan. Pada awalnya memang berat, namun perlahan saya mulai nyaman dengan CCGM. Hal yang paling memotivasi saya adalah keinginan untuk memberikan teladan kepada siswa di kelas, bahwa sebelum meminta siswa untuk menjadi lebih baik, saya harus menjadi lebih baik terlebih: datang lebih awal agar siswa juga datang ke sekolah tidak terlambat, sholat Dhuha sebelum meminta siswa untuk shalat, dan hal-hal lain yang secara tidak langsung memperbaiki kepribadian saya secara spritual dan emosional. Walaupun masih banyak yang harus diperbaiki dan dibenahi, saya bersyukur akan hal ini.

Kemampuan pedagogis juga menjadi concern utama Sekolah Global Madani. Semenjak awal masuk, guru dan staf sudah dibekali tentang budaya akademik sekolah, pengetahuan pedagogis, pengembangan kurikulum sekolah dan cara menerapkannya, dimana semua itu bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pedagogis. Selain itu, supervisi berkala, yang dilakukan oleh Direktur Penjamim Kualitas Pendidikan, menjadi sarana controlling dan evaluating bagi proses pembelajaran, dimana fokus utamanya adalah bagaimana guru melaksanakan pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan kurikulum sekolah.

Saya merasa bahwa Sekolah Global Madani memiliki iklim yang sama dengan Pendidikan Profesi Guru, karena di sini para guru diberikan kesempatan untuk mengembangkan keempat kompetensi yang dimilikinya (kompetensi subtansial, kepribadian, sosial, dan pedagogis).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s