Tentang Sekolah Global Madani V : Conclusion

Satu tahun berlalu semenjak saya menandatangani kontrak dengan Yayasan Pendidikan Global Madani. Satu tahun berlalu penuh dengan ilmu, cerita dan pengalaman, yang menambah khasanah dan pengalaman saya sebagai seorang guru.

Saya teringat tentang 7 pengetahuan yang harus dikuasai oleh seorang guru professional menurut Lee Shulman, yakni pengetahuan materi ajar (Content Knowledge); pegetahuan pedagogis umum (General Pedagogical Knowledge); pengetahuan kurikulum (Curriculum Knowledge); pengetahuan pedagogis materi ajar (Pedagogical Content Knowledge); pengetahuan tentang peserta didik (Knowledge of Learners); pengetahuan tentang konteks pendidikan (Knowledge of Educational Contexts); dan pengetahuan tentang cita-cita, tujuan, dan nilai pendidikan (Knowledge of Educational Ends, Purposes, and Values).

12357851_1511528475810628_1884863689_n

Proud to be a teacher in SGM

Selain 4 kompotensi guru, 7 pengetahuan profesi ini juga terbina dengan baik di lingkungan Sekolah Global Madani. Sehingga, perlahan para dewan guru di sini berkembang menjadi guru yang profesional, menjadi guru yang tidak sekedar mengajar, menjadi guru yang selalu beraktualisasi diri. Sekolah Global Madani adalah sebuah institusi yang baik untuk berkembang menjadi seorang guru profesional.

Satu tahun berlalu, saya belajar tentang keunikan pribadi siswa dan bagaimana menghadapinya. Saya belajar tentang arti sesungguhnya dari mendidik dengan hati. Hal yang membedakan Sekolah Global Madani dengan tempat-tempat yang pernah saya singgahi.

Satu tahun berlalu, segala kehawatiran yang dulu saya rasakan perlahan terjawab di Sekolah Global Madani. Saya bersyukur karena Allah telah memberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari institusi ini. Ucapan rasa terima kasih takkan khilaf saya utarakan untuk para pengelola yayasan dan para pimpinan, yang tak henti-hentinya memberikan dukungan dan bimbingan bagi kami, yang menjadikan satu tahun ini begitu berharga bagi saya. Dan tentu saja, terima kasih saya ucapkan juga untuk para rekan guru dan staf yang banyak memberikan saya ilmu dan nasehat, serta contoh tentang bagaimana menjadi guru yang seharusnya. I’m so glad and grateful to be a part of the team.

Saya menantikan tahun-tahun berikutnya di sini. Tempat dimana amanah pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa terlaksana dengan jelas. Tempat dimana peradaban madani tergambar dengan baik. Tempat dimana generasi emas Indonesia dididik untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan, menjadi Insan Islami Cerdas Bermartabat. Tempat dimana saya bangga menjadi seorang guru.

Leave a Reply

