Secuil Tentang Metakognisi

Banyak faktor yang menyebabkan guru cenderung fokus pada peningkatan kognitif atau kemampuan berpikir siswa. Sehingga melupakan suatu keterampilan penting yang harusnya dimiliki oleh siswa tersebut, yakni keterampilan untuk mengevaluasi pemikiran mereka sendiri (evaluate their thinking).

Kecenderungan ini akhirnya berakibat pada kurang termotivasinya siswa untuk belajar, kurangnya kemampuan mereka menerapkan apa yang mereka pelajari di dunia nyata, dan akhirnya bermuara pada “cukup belajar di sekolah”.

metakognitif

Ilustrasi dari trie harus belajar  dot blogspot dot com

Lalu muncullah istilah metakognisi, yang menurut Om Flavell disederhanakan sebagai thinking about thinking, dimana hal ini tidak melulu fokus pada pengetahuan dan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran akan tetapi juga kemampuan siswa untuk mengevaluasi dan mengontrol pemikiran mereka dalam menyusun pengetahuan.

 

Berdasarkan beberapa hasil temuan, metakognisi cocok untuk meningkatkan kemampuan problem solving, self-regulation, self-eficacy, scaffolding, motivasi belajar, bahkan academic performance.

Lalu bagaimana penerapannya di dalam pembelajaran? Om Flavell memberikan gambaran sederhana bagaimana membentuk kemampuan metakognitif, salah satunya dengan memberikan siswa pertanyaan prosedural, seperti “Kamu sebenernya ngapain?”;” Kenapa kamu ngerjain itu?”; “Manfaatnya apa buat kamu?” (Ya redaksi pertanyaannya kreativitas sendiri lah)

Kemampuan ini tentu tidak langsung muncul, butuh proses dimana guru harus selalu melibatkan siswa dalam aktivitas-akvititas yang meminta mereka untuk selalu berpikir reflektif. Dan tentu saja butuh kesabaran, keikhlasan, serta keistiqomahan dari guru sendiri.

Referensi :

e

Advertisements

2 thoughts on “Secuil Tentang Metakognisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s