Peningkatan Kemampuan Problem Solving Melalui Latihan Berpikir Reflektif

Seringkali kita dibuat pusing oleh kemampuan problem solving siswa yang rendah. Hal ini bisa ditunjukkan dengan bagaimana merasa kesulitan menerjemahkan soal-soal cerita ke dalam bentuk diagram atau persamaan matematis, yang sebenarnya mereka butuhkan untuk menyelesaikan soal. Belum lagi ketika mereka berikan soal yang lebih menantang daripada soal yang kita berikan saat latihan.

img_20151124_111713

Menguji Elektrifikasi pada Logam

Lalu bagaimana membuat siswa kita mandiri dan memiliki skill problem solving yang baik?

Untuk memberikan siswa skill  problem solving, lingkungan pembelajaran harus didesain sedemikian rupa sehingga mampu menawarkan orientasi atau pengenalan problem solving, mendukung siswa untuk melakukan perencanaan tugas, memiliah dan mengaplikasikan strategi yang akan mereka gunakan, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan refleksi.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengembangkan kemampuan berpikir reflektif (berpikir reflektif terbukti memberikan efek yang baik dalam peningkatan kemampuan problem solving) dengan fokus pada beberapa faktor yang diajukan oleh Hollingworth dan McLoughlin . Faktor-faktor tersebut adalah

  1. Beragam sumber feedback atas pemahaman mereka, yang didapatkan dari interaksi sosial. Karena feedback yang mereka dapatkan ini akan membantu membentuk kemampuan berpikir reflektif.
  2. Soal yang sulit danberarti bagi siswa dapat memunculkan kondisi dimana siswa harus menggunakan kemampuan berpikir reflektif yang dimilikinya.
  3. Pengorganisasian, monitoring, dan evaluasi pemikiran dan pembelajaran siswa dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses pembelajaran yang mereka alami. Hal ini dapat membantu siswa mengasah kemampuan berpikir reflektifnya.

Lagi-lagi, tugas berat seorang guru. Namun di sinilah tantangannya.

 

Referensi

Hollingworth, Rowan W., and Catherine McLoughlin. “Developing Science Students’ Metacognitive Problem Solving Skills Online.” Australian Journal of Educational Technology 17.1 (2001): 50-63.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s