Kisah Si Baut di Baling-baling Pesawat

Secara kasat mata, kita melihat bahwa yang menerbangkan pesawat adalah baling-baling di sayap pesawat. Melupakan bahwa ada baut-baut kecil yang membuat bagian-bagian dari baling-baling tersebut bersatu satu sama lain. Baut-baut kecil yang membuat baling-baling bergabung dengan mesin. Baut-baut kecil yang secara tidak langsung membuat baling-baling berputar. Baut-baut kecil yang secara tidak langsung adalah penyebab dari terbangnya pesawat.img_20160913_161544_hdr

Itulah mereka, yang menikmati takdir hidupnya sebagai supporting person dari sebuah sistem. Mereka menikmati takdir dirinya untuk ‘tak terlihat’. Dan sedikit sekali yang sadar akan kehadirannya, lebih sedikit lagi yang mengapresiasi atas perannya.

Mungkin karena secara tidak sadar, kita menganggap remeh peran mereka. Mengganggap memang itulah tugas mereka. Lupa bahwa jika baut-baut itu terlepas, jangankan pesawat terbang, baling-baling berputarpun tidak.

Mungkin kita tidak pernah berpikir bukan karena mereka tidak memiliki keahlian. Bukan juga karena tidak memiliki kesempatan. Mereka hanya menikmati hidup mereka, untuk melaksanakan amanah dan peran yang mereka emban. Sekecil apapun itu bagi orang lain, bagi mereka itu semua tetap akan diminta pertanggungjawabannya. Mereka hanya menikmati peran mereka, demi tercapainya tujuan bersama, menerbangkan pesawat. Tidak perlu orang lain mengapresiasi, tanpa perlu terlihat aksinya. Diam, percaya Allah selalu melihat apa yang mereka lakukan.

Itulah mereka, baut dalam baling-baling pesawat. Bekerja dan berkhidmat untuk tujuan yang lebih besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s