Rahasiakan Pinangan, Umumkan Walimah

Beberapa pekan yang lalu ada yang meminta saya membantu mendaftar nama kawan-kawan lengkap dengan gelarnya untuk keperluan undangan walimah. Ketika saya tanya siapa calonnya, kawan saya ini memilih merahasiakannya, “Belum boleh dipublish, masih lumayan lama.” Ah… I see. I just shut my keponess down. Sudah ada kabar gembira kayak gini saja bikin saya senang. “Rahasiakanlah pinangan, umumkanlah walimah” (HR. Ibnu Hibban 1285, Ath-Thabarani I: 1/69, dan lainnya)
Untitled
Memang itulah yang dianjurkan oleh RasuluLlah. Berbeda dengan yang sedang populer sekarang. Acara lamaran atau pinangan kayaknya sama meriahnya dengan acara walimah. Sampai ada yang sengaja sewa gedung dan lain-lain.

Dengan niatan, kalau sudah pada tahu nda bakal ada yang deketin dan godain lagi. Kalau sudah ‘ditag’ nda bakal ada yang berani ‘menggaet’. Pertanyaananya sekarang, seberapa yakin pinangannya bakal sampe akad?
Siapa yang bisa menjamin bahwa prosesnya goal sampe pelaminan?
Perlu diingat, yang namanya manusia cuma bisa berencana, hasil akhir Allah yang tahu. Kita pastinya berharap yang baik-baik, prosesnya akan lancar-lancar saja, tapi kemungkinan prosesnya batal di tengah jalan itu ada, kejadian nyatanya juga ada.
Coba bayangkan, ketika orang-orang sudah banyak yang tahu, kemudian batal. Akan timbul rasa sakit hati, kecewa, dan lain-lain yang pasti akan lebih ‘kerasa’ ketimbang belum ada yang tahu lamaran tersebut.
Belum lagi fitnah dan asumsi yang muncul ketika prosesnya batal. Orang-orang akan bertanya-tanya kenapa akhirnya nda jadi, akan timbul asumsi negatif pada dua calon mempelai tersebut, terutama pada wanita.
Ya.. Overall, saya selalu kagum dengan orang-orang yang tidak mengumbar hubungan atau prosesnya sebelum akad, karena mereka pastinya percaya bahwa pernikahan adalah suatu hal yang sakral dan menjaga proses tersebut dari fitnah-fitnah dan hal-hal yang tidak diinginkan adalah suatu keharusan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s