Menjadi Guru

Menjadi guru adalah proses pembelajaran seumur hidup.

Dengan menjadi guru, kita belajar untuk memahami tiap pribadi siswa, yang kita harus sadari bahwa tiap individu memiliki karakteristik yang berbeda, kecenderungan yang berbeda, bakat yang berbeda, ketertarikan dan minat yang berbeda. Maka tugas kita adalah belajar untuk memahami tiap perbedaan tersebut, untuk mampu mendidik dengan adil.

april_2017-04-13-20-14-51-730.jpg
Dengan menjadi guru, kita akan terus meningkatkan kapasitas dan kualitas keilmuan dan pembelajaran kita. Kita dituntut tidak hanya paham suatu konsep dan teori tetapi juga belajar bagaimana menyampaikan konsep dan teori tersebut untuk dapat dipahami oleh siswa, dengan berbagai cara dan metode. Karena terkadang tiap konsep dan teori membutuhkan cara dan metode yang berbeda untuk bisa tersampaikan dan dipahami oleh siswa dengan baik.


Lalu kitapun belajar untuk memberi teladan. Inilah yang terpenting dalam mendidik dan tentu saja yang paling susah dilakukan. Kita harus sadar bahwa sasaran kita generasi muda. Apa yang kita lakukan bisa saja menampakkan hasilnya dalam waktu yang singkat atau baru akan muncul bertahun-tahun yang akan datang. Dibutuhkan semangat untuk terus berbagi dan memberi teladan yang baik. Ini akan terasa berat dan hambar tanpa didasari dengan cinta. .
.
Pada akhirnya kita belajar untuk mencintai. Bergembira atas setiap pencapaian yang mereka raih. Bersedih untuk setiap kegagalan yang mereka dapatkan. Dan kitapun terus menyebut nama-nama mereka dalam tiap doa-doa kita. .
.
Semoga mereka menjadi ahli ilmu dan ahli kebaikan dimanapun mereka berada kelak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s