Doa

Doa merupakan hal yang mendasar yang harus selalu dilakukan oleh kita sebagai orangtua. Karena doa orangtua untuk anaknya selalu dikabulkan oleh Allah. .
.

Dengan doa, rasa sayang kita pada anak-anak akan semakin tumbuh, rasa cinta kasih akan makin berkembang di hati kita, sehingga akhirnya akan timbul kekuatan untuk terus menjalankan amanah sebagai orangtua dengan sebaik-baiknya. Karena kita yakin, Allah memberikan amanah tersebut bukan karena ‘kita sudah saatnya jadi orangtua’ atau bahkan ‘kebetulan’ semata. .
.
Foto Ahmad Naufal Umam.
Inilah sunnah RasuluLlah dalam mendidik anak, mendoakan kebaikan bagi mereka. Berdoa agar Allah memberkahi tiap tahap hidup mereka dengan amalan-amalan kebaikan. .
.

Sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas r.a, dimana RasuluLlah SAW mendekap Ibnu Abbas ke dada beliau lalu berdoa, “Ya Allah, ajarilah dia hikmah. ”
Dalam riwayat yang lain, RasuluLlah menambahkan doa, “Ajarilah dia al-Qur’an”
Riwayat Imam Muslim dan Bukhari yang lain menyebutkan bahwa RasuluLlah melanjutkan dengan berdoa, “Ya Allah, pandaikanlah dia dalam masalah agama. ”
Dan dalam riwayat Imam Ahmad, RasuluLlah menambahkan “Dan ajarilah dia tafsir (al-Qur’an).” .
.
.

Semoga Allah kuatkan kita untuk menjadi orangtua yang tidak lelah menyebut nama anak kita dalam doa-doa kita, di setiap malam-malam kita, di setiap siang-siang kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s