Egosentris

Sebagai orang tua, kita ingin menjaga anak kita untuk selalu berada dalam pergaulan yang baik, tidak terpapar oleh lingkungan yang buruk, dan mampu bersosialisasi tanpa terjerumus ke dalam hal-hal yang menurunkan derajat mereka. .
.

Namun, kita sadar bahwa penjagaan kita itu tidak paripurna dan berlangsung selamanya. Ada masa dimana kita tidak bisa menjaga anak kita secara terus menerus, sehingga yang bisa kita harapkan adalah kemampuan mereka sendiri untuk menjaga diri dari pengaruh lingkungan yang buruk. .
.
2017-07-28 08.59.18 1.jpg
Ya, kita harus mengajari mereka ‘berenang’ atau ‘membuat’ perahu sendiri agar tidak tenggelam, daripada terus membangun bendungan atau tembok yang kita tahu lama-kelamaan akan amblas oleh derasnya arus globalisasi. .
.

Ustadz Harry Santosa membagi 3 tahapan usia anak yang harus menjadi concern kita agar mereka tidak terpapar oleh lingkungan yang buruk. .
.

Tahap pertama adalah saat anak berusia 0-6 tahun, dimana rentang waktu ini sangat krusial. Anak harus berada dalam lingkungan yang steril. Mereka harus dekat dengan orangtua dan keluarga terdekat yang mampu memberikan pengaruh positif, bukan merusak. .
.

Pada tahap ini, cara mengajarkan mereka bersosialisasi dengan baik adalah dengan cara menunaikan fitrah individual anak. Seperti memuaskan egosentrisnya, mengakui bahwa mereka adalah individu yang berbeda dengan keunikan yang mereka miliki, dan hal-hal lain yang menguatkan bahwa mereka adalah individu yang penting dan disayangi. .
.

Ustadz Harry juga menambahkan bahwa ketika anak terpenuhi fitrah individualitasnya, mereka akan menunaikan kewajiban sosialnya di masa yang akan datang. Mereka akan memiliki sifat yang kokoh dalam bersosialisasi, senang berbagi, tidak mudah dibully, dan mampu merubah lingkungannya dengan percaya diri. .
.

Pada tahap pertama ini kita sebagai orang tua harus sadar bahwa alasan mendasar terjadi permasalahan pada anak bukan berasal dari luar rumah, tetapi dari dalam rumah. .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s