Tapis Blogger Gathering : Kumpul Seru Penuh Ilmu

Sebenarnya sudah sedari dulu Ummu Aza minta saya untuk gabung di Tapis Blogger atau setidaknya ikut kegiatannya saja. Saya selalu tolak dengan berbagai alasan, tidak ada waktu-lah, cepek-lah, dan jurus jitunya, “Abah belum bisa fokus nulis, Mi, masih suka semaunya, gak pede kalau gabung komunitas. “Ya, jujur saja saya memang merasa tidak percaya diri dengan tulisan saya, ketidakkonsistenan saya. Telebih lagi kalau stalking IG-nya Tapis Blogger, saya minder, komunitas ini pasti isinya orang-orang yang jago banget menulis.
Tapi beberapa hari lalu, ada pesan di WAG, Tapis Blogger mengadakan acara Tapis Blogger Gathering, Ahad (17/12/2017). Tidak tahu dapat ilham dari mana, saya forward pesan tersebut ke Uminya Aza, dengan tambahan pesan,
“Abah ikut ini ya?” plus emot senyum nyengir.

Apa itu Tapis Blogger?

Tidak berapa lama dari acara Gathering dimulai, 2 anggota diminta untuk memberikan testimoni tentang Tapis Blogger. Umi Neni Suswati, yang saya kagumi lewat tulisan-tulisannya tentang pendidikan anak, maju untuk berbagi pengalaman dengan 40 peserta gathering, beliau memaparkan bagaimana semangat beliau untuk terus menulis. Dan Tapis Blogger merupakan wadah yang keren untuk terus belajar dan mengembangkan minat dan bakat beliau dalam menulis.

IMG_20171217_092849

Umi Neni Berbagi Pengalaman Beliau di Tapis Blogger

Selanjutnya, Mas Iwan, founder @eventlampungdotcom, memaparkan bagaimana blogging dan Tapis Blogger membuat beliau semakin banyak kenalan dan job.

Mba Naqiyyah Syam lalu memperkenalkan secara jelas apa itu Tapis Blogger. Tapis Blogger ternyata komunitas Blogger yang ada di Lampung  dan ingin mengenalkan Lampung ke masyarakat di luar sana. Mulai dari pariwisata, kuliner, sampai apa yang lagi happening di Lampung.

“Ya, kita ingin Lampung tidak hanya terkenal dengan begal.” Jelas beliau.

Beliau juga memaparkan bagaimana perjalanan founders hingga dapat mendeklarasikan Tapis Blogger sebagai komunitas Blogger di Lampung pada 31 Agustus 2016.

Gathering yang Kaya dengan Ilmu

Selain memaparkan sejarah berdirinya Tapis Blogger, Mba Naqi memberi materi “Merawat Blog hingga Menghasilkan Uang.”  Beliau dengan lugas menjelaskan bagaimana tips dan trik merawat blog hingga menghasilkan uang, diantaranya menyusun dan menulis konten blog agar lebih “powerful” dan membuat pembaca betah di blog kita.

Beliau juga memaparkan modal minimal yang harus dimiliki oleh Blogger agar bisa menghasilkan uang, yakni aplikasi edit foto, aplikasi edit video, aktif di media social, ikut komunitas, jalin kerjasama dan selalu update blog.

IMG_20171217_100740

Mba Naqi memaparkan bagaimana menghasilkan uang dari merawat blog

Materi selanjutnya  adalah “Design Blog Untuk Pemula” yang disampaikan oleh Mba Heni Puspita. Beliau menjelaskan bagaimana desain blog yang simple namun elegan. Beliau juga memaparkan bagaimana seorang Blogger harus concern dengan beberapa hal berkaitan dengan desain blog agar disukai oleh pembaca, yakni loading halaman yang tidak berat dengan mengurangi widget yang tidak penting, serta menggunakan kombinasi warna huruf dan background yang nyaman dibaca.

Materi terakhir, Bang Lean Agt talked about how to optimize SEO and make our blog as a gold mine. Beliau memaparkan betapa pentingnya SEO bagi seorang Blogger dan bagaimana melakukan optimalisasinya. Untuk bagian ini, jujur saja saya masih awam. Jadi ada beberapa hal yang membuat saya terdiam dan bingung. I have to do some studies and readings more about SEO.

IMG_20171217_105250

Bang Lean menjelaskan betapa pentingnya SEO bagi Blogger

Overall, gathering yang diadakan di Secret Garden oleh Tapis Blogger ini kaya dengan ilmu.

Si Manis dan Si Hitam
Gathering makin komplit dengan kehadiran Si Manis dari Banana Foster (@bananafosterlampung) dan Si Hitam dari El’s Coffee (@elscoffee.house). Siapa yang tidak senang kalau setelah mendapatkan materi yang luar biasa, kita dapat camilan yang luar biasa juga.

IMG_20171217_115026

Si manis yang bikin nagih, Banana Foster

Banana Foster dengan kelegitannya bikin nagih, ashliyyy. Kalau kopinya sih belum coba, tapi melihat kemasannya saja sudah bikin ngiler dan ingin begadang tiap malam. Hehehe.

IMG_20171217_124455

Si hitam yang bikin ngiler, El’s Coffee

Oh iya, untuk lebih kenal sama si Manis dan Si Hitam, difollow saja akun IG-nya atau datang langsung ke Jalan MS Batubara 134A Bandar Lampung & Jalan Urip Sumoharjo (seberang RS Urip Sumoharjo) untuk El’s Coffee dan Jalan Wolter Monginsidi 115 Bandar Lampung untuk Banana Foster.

 

Tapis Blogger Gathering is AWESOME

“Tulislah draft pertamamu dengan perasaan, lalu tulis ulang dengan pikiranmu.”

Saya merasa beruntung bisa hadir di acara gathering ini. Materi-materi yang disampaikan luar biasa, para pematerinya juga luar biasa, camilannya luar biasa, orang-orangnya luar biasa. Pokoknya Tapis Blogger Gathering is AWESOME.

Fix dah, resolusi tahun depan adalah rajin nulis di blog. Biar terus berbagi kayak mbak-mbak dan mas-mas di Tapis Blogger yang rajin berbagi.

Advertisements

6 thoughts on “Tapis Blogger Gathering : Kumpul Seru Penuh Ilmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s