Ujian Kesyukuran

Kesulitan yang kau alami,
Hanyalah sementara.

Kau takkan menyadari,
Kau semakin kuat,
Untuk setiap kelam malam yang kauhadapi.

Jiwamu semakin bijak,
Dan mulai menghargai,
Setiap berkah yang kauterima dalam hidup.

img_20170207_210422_459

Tidakkah kaurasakan,
Hadirnya kepuasan,
Untuk setiap tantangan,
Yang kau hadapi,
Dengan sepenuh hati?

Kau beranjak tua,
Kau beranjak dewasa,
Dan menjadi bijak.
Maka nikmatilah,
Apa yang hidup ini tawarkan
Padamu.

Advertisements

Senja Itu

Senja menjadi saksi,

Setelah salam tersambut,

Pintu terbuka,

Ada senyum dibalik pintu,

Semanis irisan surga tersiram madu.

Manis sekali.

wp-image-1418359137jpeg.jpeg

 

Senja menjadi saksi,

Setelah adzan berkumandang,

Mushaf tertutup,

Ada jemari yang menghapus tetes air mata,

Seolah beban tersampaikan.

Lega sekali.

Continue reading

Lagi, Lagi, dan Lagi

Pasangan hidup kita memberikan keajaiban berlimpah kepada kita.
Dia dianugerahi Allah untuk memiliki kekuatan
yang membuat kita menyenangi senyumnya,
suaranya,
aroma tubuhnya,
dan tingkah lakunya.
Dia mempunyai kekuatan untuk melenyapkan kesepian.
Dia menjadikan hal yang biasa dalam hidup menjadi istimewa.
Dia merupakan pintu kita menuju surga,
di sini,
di dunia.
Dan saat jauh,
Seolah ada bagian dari hati yang kosong.

img_20161227_134749

Kisah Cinta Pak Camat

Beberapa bulan lalu, sebuah pesan masuk di IG. Sebuah akun yang sama sekali tidak saya kenal.

Mau menanyakan sesuatu yang sifatnya rahasia. Saya cek akunnya, dari Aceh.

Oke. Berarti ini ada kaitannya dengan salah satu kakak-kakak di Serambi Mekkah sana.

Sayapun membalas.

“Ada yang ana mau tanyakan perihal Ujang.”

Nah kan bener.

“Afwan.. Ana lihat di instagram.. Antum sepertinya mengenal bang Ujang..pernah satu PPG ya? Mungkin antum berkenan untuk memberikan sedikit informasi mengenai beliau dari sudut pandang antum. Ana sedang taaruf dengan beliau.”

Widih… Keren banget Akang gue. Gak bilang-bilang.

“Dan sudah bertukaran biodata. Hanya saja beliau adalah orang asing yang sebelumnya tidak pernah ada hubungan apa-apa dengan ana. Dan ana baru pertama kali ta’aruf dengan ikhwan. Jadi ana harap antum berkenan untuk membantu ana. Syukran jazakallah.”

Saya tarik nafas panjang. Terus tanya pendapat istri baiknya gimana. Istri cuma bilang,

“Ya udah, jelasin aja Ujang orangnya kayak gimana.”

Maka sayapun mulai mengetik,

“AlhamduliLlah.. Tapi afwan jika nanti kurang representatif, kami memang satu tahun seasrama, dan ini dari sudut pandang ana.”

Sayapun mulai sedikit menjelaskan tentang Akang yang satu ini, mulai dari sikapnya, tanggungjawabnya, tarbiyahnya, dan tentu saja sikap jeleknya.. Hehehe..

Terakhir saya mendoakan semoga dilancarkan prosesnya.

Continue reading

Kita dan Lompatan-Lompatan Peran

Kubangun dengan cinta,
Kau rawat dengan doa,
Demikianlah kita,
Berumah di tangga,
Menuju surga – Fahd Pahdepie

Tengah malam begini, akhirnya sempat juga mengisi kembali blog. Semenjak tahun ajaran baru dimulai, amanah semakin bertambah. Inipun baru selesai merapikan dekorasi kelas untuk pagi ini.

AlhamduliLlah, setelah resmi menjadi HRT untuk kelas XII (yang AlhamduliLlah mantap banget rasanya), awal masuk mendapat kepercayaan untuk membuat video napak tilas 6 tahun Sekolah Global Madani bareng Principal (yang AlhamduliLlah, pesan yang ingin saya sampaikan via video tersebut tersampaikan), membantu Bu Diah untuk penelitian di bidang metakognisi (yang AlhamduliLlah, nambah ilmu lagi), jadi secretary untuk parents teachers confrence SMA Global Madani, menjadi committe acara resepsi pernikahannya Mas Fiki dan Mba Marlis minggu lalu, dan Sabtu ini jadi panitia pelaksanaan mabit untuk kader kampus se-Bandarlampung.

Dengan semua kegiatan semenjak Juli lalu, saya tahu yang paling dirugikan adalah istri saya. Kegiatan yang mengantri tersebut terpaksa membuat saya membawa pekerjaan ke rumah, begadang sampai pagi. Bahkan sampai beberapa hari tidak tidur. Saya lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop dan hape, ketimbang ngobrol berdua, kayak di awal-awal bulan pernikahan dulu.

Celakanya, saya malah kepikiran kalau istri saya pasti mengerti dan mau menerima segala kesibukan tersebut. Ya, dia memang mengerti. Sampai pada suatu hari, saya tidak tahu kalau istri saya tidak masuk sekolah karena sakit. Sampai pada suatu hari, istri saya mendiamkan saya sampai  seharian, gegara dia melihat nama saya sebagai ketua pelaksana Homestay SMA yang pelaksanaanya tepat dengan HPL anak pertama kami.

IMG_20160817_131804

Continue reading

Sumber Rejo dan Akad Si Kepala Bujang

“Belum pernah terlihat ada obat yang lebih mujarab bagi dua orang yang jatuh cintaselain menikah” (H.R. Ibnu Majah)

Masih dalam suasana lebaran, saya dan istri harus kembali ke Bandarlampung lebih awal, padahal hari pertama masuk ke sekolah masih beberapa hari lagi. Ada dua hal yang mendasari. Pertama, saya sudah membuat janji dengan Abi Hasan akan datang di walimahnya Mr. Fajar pada tanggal 12 Juli ini. Kedua, saya dan istri bisa ikut tebengan kakak yang hendak pulang ke Menggala lebih awal. (hemat ongkos coy hehehe).

IMG_20160712_131641

Senyumnya beda euy

Jadi, tanggal 11 juli kami sudah deal untuk berangkat ke acara pagi sekali supaya bisa menghadari akad nikahnya. Ummu Afif masih di Kalimantan dan istri saya masih letih setelah perjalanan mudik sehari sebelumnya. Sehingga kami berdua akan berangkat menggunakan sepeda motor, dan Abi Hasan yang membonceng. Kapan lagi dibonceng Abi Hasan. Hehehe

Continue reading