Senja Itu

Senja menjadi saksi,

Setelah salam tersambut,

Pintu terbuka,

Ada senyum dibalik pintu,

Semanis irisan surga tersiram madu.

Manis sekali.

wp-image-1418359137jpeg.jpeg

 

Senja menjadi saksi,

Setelah adzan berkumandang,

Mushaf tertutup,

Ada jemari yang menghapus tetes air mata,

Seolah beban tersampaikan.

Lega sekali.

Continue reading

Lagi, Lagi, dan Lagi

Pasangan hidup kita memberikan keajaiban berlimpah kepada kita.
Dia dianugerahi Allah untuk memiliki kekuatan
yang membuat kita menyenangi senyumnya,
suaranya,
aroma tubuhnya,
dan tingkah lakunya.
Dia mempunyai kekuatan untuk melenyapkan kesepian.
Dia menjadikan hal yang biasa dalam hidup menjadi istimewa.
Dia merupakan pintu kita menuju surga,
di sini,
di dunia.
Dan saat jauh,
Seolah ada bagian dari hati yang kosong.

img_20161227_134749

Kisah Cinta Pak Camat

Beberapa bulan lalu, sebuah pesan masuk di IG. Sebuah akun yang sama sekali tidak saya kenal.

Mau menanyakan sesuatu yang sifatnya rahasia. Saya cek akunnya, dari Aceh.

Oke. Berarti ini ada kaitannya dengan salah satu kakak-kakak di Serambi Mekkah sana.

Sayapun membalas.

“Ada yang ana mau tanyakan perihal Ujang.”

Nah kan bener.

“Afwan.. Ana lihat di instagram.. Antum sepertinya mengenal bang Ujang..pernah satu PPG ya? Mungkin antum berkenan untuk memberikan sedikit informasi mengenai beliau dari sudut pandang antum. Ana sedang taaruf dengan beliau.”

Widih… Keren banget Akang gue. Gak bilang-bilang.

“Dan sudah bertukaran biodata. Hanya saja beliau adalah orang asing yang sebelumnya tidak pernah ada hubungan apa-apa dengan ana. Dan ana baru pertama kali ta’aruf dengan ikhwan. Jadi ana harap antum berkenan untuk membantu ana. Syukran jazakallah.”

Saya tarik nafas panjang. Terus tanya pendapat istri baiknya gimana. Istri cuma bilang,

“Ya udah, jelasin aja Ujang orangnya kayak gimana.”

Maka sayapun mulai mengetik,

“AlhamduliLlah.. Tapi afwan jika nanti kurang representatif, kami memang satu tahun seasrama, dan ini dari sudut pandang ana.”

Sayapun mulai sedikit menjelaskan tentang Akang yang satu ini, mulai dari sikapnya, tanggungjawabnya, tarbiyahnya, dan tentu saja sikap jeleknya.. Hehehe..

Terakhir saya mendoakan semoga dilancarkan prosesnya.

Continue reading

Guru dan Menjadi Bijak

Menjadi guru menuntut kita untuk bijak.
Dalam segala hal.
Termasuk dalam menghadapi “keunikan” siswa.
Karena tiap siswa memiliki karakter masing-masing, dengan segala latar belakang yang berbeda.

Cara “ngasuh”-nya pun berbeda.
Ada yang harus diembeli kata “cantik” atau “ganteng”, ada yang harus diberi contoh dulu, ada yang harus diajak debat dulu, ada yang harus diajak ngobrol dulu, ada yang ini-itu.

Processed with VSCO with a1 preset

Processed with VSCO with a1 preset

Itu semua menuntut guru untuk bijak, tidak men-judge dari sudut pandang kita sendiri. Apalagi sampai membandingkan dengan yang lain.
Selalu ada alasan yang kita tidak ketahui yang membuat mereka melakukan perilaku tidak baik.

Sehingga membutuhkan hati yang lapang dari seorang guru untuk tidak pernah berhenti membimbing mereka. Selalu mengingatkan mana yang baik dan buruk.

Karena kita tidak pernah tahu akan menjadi apa mereka nantinya.

Kita dan Lompatan-Lompatan Peran

Kubangun dengan cinta,
Kau rawat dengan doa,
Demikianlah kita,
Berumah di tangga,
Menuju surga – Fahd Pahdepie

Tengah malam begini, akhirnya sempat juga mengisi kembali blog. Semenjak tahun ajaran baru dimulai, amanah semakin bertambah. Inipun baru selesai merapikan dekorasi kelas untuk pagi ini.

AlhamduliLlah, setelah resmi menjadi HRT untuk kelas XII (yang AlhamduliLlah mantap banget rasanya), awal masuk mendapat kepercayaan untuk membuat video napak tilas 6 tahun Sekolah Global Madani bareng Principal (yang AlhamduliLlah, pesan yang ingin saya sampaikan via video tersebut tersampaikan), membantu Bu Diah untuk penelitian di bidang metakognisi (yang AlhamduliLlah, nambah ilmu lagi), jadi secretary untuk parents teachers confrence SMA Global Madani, menjadi committe acara resepsi pernikahannya Mas Fiki dan Mba Marlis minggu lalu, dan Sabtu ini jadi panitia pelaksanaan mabit untuk kader kampus se-Bandarlampung.

Dengan semua kegiatan semenjak Juli lalu, saya tahu yang paling dirugikan adalah istri saya. Kegiatan yang mengantri tersebut terpaksa membuat saya membawa pekerjaan ke rumah, begadang sampai pagi. Bahkan sampai beberapa hari tidak tidur. Saya lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop dan hape, ketimbang ngobrol berdua, kayak di awal-awal bulan pernikahan dulu.

Celakanya, saya malah kepikiran kalau istri saya pasti mengerti dan mau menerima segala kesibukan tersebut. Ya, dia memang mengerti. Sampai pada suatu hari, saya tidak tahu kalau istri saya tidak masuk sekolah karena sakit. Sampai pada suatu hari, istri saya mendiamkan saya sampai  seharian, gegara dia melihat nama saya sebagai ketua pelaksana Homestay SMA yang pelaksanaanya tepat dengan HPL anak pertama kami.

IMG_20160817_131804

Continue reading

Foster the Spirit of Synergy Through Parent Teacher Conference SMA Global Madani 2016/2017

Synergy: School and parents must understand their role in educating, supporting each other, and bring the spirit of synergy in any matters relating to the development of the students.
In order to foster the spirit of synergy, School of Global Madani always holds Parent Teacher Conference (PTC) in the beginning of academic year.

PTC for 2016/2017 was held on July 23rd, 2016 in Assalam Hall with a special agenda to introduce the curriculum, rules and culture of the school, parenting seminar and training of how to ban pornography content. The conference was also held to sign letters of statements between the school and parents.

The conference was officially opened by Bu Liza Alvia, Secretary of Education Foundation of Global Madani. As a representative of foundation, Bu Alvi thanked to the parents who have entrusted their son / daughter to study in SMA Global Madani. Bu Alvi explained briefly the meaning of the Vision of School of Global Madani, Insan Islami Cerdas Bermartabat. Bu Alvi also told how SGM has significantly experienced some positive development since it was founded, which is in the third year GM already got A for its accreditation point. The alumni have been accepted in various universities in Jawa and Lampung, even this year two students have passed to ITB and STAN. And other achievements are not only academic side but also non academic one. Bu Alvi reminded that it won’t happen without the presence of mutual trust and respect between the school and parents. At the end of her speech, Bu Alvi hoped parents continue to provide support and prayers for their children in the School of Global Madani.

IMG-20160723-WA0015

The conference continued with the introduction of Education Foundation of School of Global Madani Management, Teachers and Staffs of SMA Global Madani, and the entire Civitas Academica of SGM. This session led by Bu Icha Meyrinda.

Continue reading

Kembali di Sini, di Al-Wasi’i

Setahun lalu,
kita ungkapkan harapan dan impian,
Tentang menggenapkan setengah diri,
Tentang lanjut studi,
Tentang beasiswa,
Tentang semua mimpi,
Menjadikannya lipatan yang rapih dalam doa.

Setahun berlalu,
Kita kembali di sini.
Mensyukuri karunia Allah,
Yang dengan kuasa-Nya,
telah membuka lipatan tersebut,
Menjadikannya nyata.
Ya, semua lipatan doa itu nyata hari ini.

image

Continue reading